Friday, August 21, 2015

Review Kedai Kopi di Jakarta

My life begins after coffee. Mungkin itu ungkapan paling mendekati buat rutinitas pagi saya, hehe. Segelas kopi susu untuk meningkatkan mood pagi :)

Rak kopi di supermarket
Kali ini, saya mau share beberapa lokasi coffee shop yang pernah saya datangi.

STARBUCKS COFFEE
Kayaknya kalo Starbucks gak usah dibahas lagi ya hehe. Coffee shop sejuta umat yang gerainya ada dimana-mana (bahkan dalam 1 mall aja bisa sampe ada 3 store) ini ternyata sudah masuk ke Indonesia semenjak tahun 2002 dan store pertama mereka ada di Plaza Indonesia.
Starbucks juga sering ngadain promo buat minuman barunya. Selain itu, setiap bulan tanggal 22 diskon 50% for all beverages dengan membawa starbucks tumbler (lumayan ya tanggal tua hihi). Ada juga Starbucks card, untuk info dan benefits nya bisa kamu cek di sbuxcard .
Untuk menu dan harga kamu bisa liat di Starbucks Coffee
Starbucks card
Siapa itu Kak Rezky????
 

JAVA BEAN COFFEE & RESTO
Lokasinya ada di Plaza Semanggi lantai 3A. Dari eskalator naik tinggal nengok ke arah kiri udah langsung kelihatan lokasinya. Overall untuk interior design-nya saya suka, dengan pencahayaan yang agak redup.
Pertama kesini waktu itu pesan Cappuccino dan Affogato coffee. Penyajian cappuccino-nya lucu trus ada mini cookies-nya juga. Untuk rasa kedua minuman yang saya pesan, enak!
Nah kalo affogato coffee saya baru pertama coba, komposisinya ada espresso dan es krim vanilla. Surprisingly enak, paduan pahit dan manisnya cocok. Tapi sayangnya saya lupa memfoto :D
Dan kedua kalinya saya pesan Strawberry Yoghurt, Hot Mochaccino dan Brownies Ice Cream. Nah buat yoghurt nya saya agak salah ekspektasi sih, saya pikir ini yoghurt kental di blend sama strawberry plus dikasih topping strawberry chunk, ternyata eh ternyata si yoghurt nya encer dan kurang asem (buat saya). Hot Mochaccino nya standar enak dan Brownies nya juga enak kok, ada dingin-dingin es krim vanilla nya dengan potongan garnish strawberry.
Untuk minuman non kopinya juga banyak pilihan mulai dari teh, smoothies, soda, milkshake sampai juice. Java Bean juga menyediakan menu makanan ada tradisional Indonesia, Asia hingga ke Western. Jadi ini resto sebenernya gak java-java banget ya hehe.
Untuk harga menurut saya cukup terjangkau. Menu dan harga bisa kamu cek di Java Bean Coffee and Resto
Hot Cappuccino
Hot Mochaccino & Strawberry Yoghurt
Brownies Ice Cream

KEDAI FILOSOFI KOPI
Kedai ini merupakan lokasi shooting film filosofi kopi yang keberadaannya tetap dipertahankan. Berlokasi di Jalan Melawai 6, tepatnya di depan Blok M Square (kalo kamu bingung, kamu bisa masuk ke dalam Blok M Square dan tanya ke pak satpam).
Area duduk terbagi 2, smoking area dan non smoking area. Ornamen di kedai dibuat minimalis dan simple, kebetulan saya duduk di meja yang sebenarnya adalah rak buku. Di tengah ruangan terdapat 2 meja panjang, yaitu kasir dan tempat untuk meracik kopi.
Pertama datang kesini sekitar pukul 19.00 dan kondisinya rame banget dengan pencahayaan yang terlalu terang dan volume musik yang lumayan kencang untuk sebuah kedai kopi menurut saya. Saya pesan hot cappuccino dan affogato dengan tambahan durian. Rasa kopinya enak, tapi bukan yang terbaik menurut saya hehe
Kunjungan kedua saya pada Jumat sekitar pukul 12.00, suasananya lebih santai karena pengunjung tidak terlalu ramai dan musiknya juga lebih sayup. Saya memesan hot cappuccino, ice green tea latte dan churros. Rasanya? Lebih enak dari sebelumnya, hihi. Churros-nya enak, adonannya lembut rasanya tidak terlalu manis dan dengan sedikit tambahan kayu manis. Patut untuk dicoba. Untuk ice green tea latte-nya menurut teman saya yang pecinta green tea, ini enak banget. Tidak terlalu manis, rasa green tea-nya tidak kalah dengan susunya.
 
 
 

LIBERICA COFFEE
Liberica punya beberapa cabang, yaitu di Pacific Place, Gandaria City, Central Park, Colony Kemang Building, Citos bahkan di Australia. Bisa kamu cek di http://libericacoffee.com/
Baru sekali kesini, yaitu ke cabang Gandaria City. Tempatnya enak buat duduk-duduk tapi rame banget. Selain kopi, menu makanan yang disajikan juga macem-macem. Yang membedakan dengan coffee shop kebanyakan, sistem pembayarannya adalah setelah selesai minum. Saya pesan hot cappuccino dan iced fudge mocha. Well, karena saya bukan penyuka kopi asam jadi saya kurang cocok dengan rasa di Liberica ini. Ketika saya tanya, hari itu mereka pakai kopi Bali Kintamani.


ANOMALI COFFEE
Kafe yang memiliki tagline Kopi Asli Indonesia ini punya cabang di Jakarta dan Bali. Kalo di Jakarta mereka ada di Senopati, Setiabudi One, Menteng dan Kemang. Di Bali bisa kamu temui di Ubud dan Seminyak. Saya baru nyoba di Setiabudi One, letaknya persis di atas Starbucks.
Begitu masuk ke dalam kafe, aroma kopi tercium dan langsung disambut dengan ramah sama baristanya. Katanya, barista disini juga dibekali edukasi tentang kopi. Design Anomali didominasi wood-brick dengan pencahayaan yang warm. Ornamennya simple, kebanyakan berupa pajangan di dinding. Mereka juga jual tumbler motif batik loh, lucu. Overall, suka sama ambiance disini.
Untuk kopinya, menurut saya mereka salah satu yang terbaik di Indonesia. Saya pernah pesan Cafe Au lait, ini kopi susu versi orang Prancis. Trus bedanya apa dengan caffe latte? Kalo cafe au lait dibuat dengan kopi hitam dan steam milk, sedangkan caffe latte menggunakan espresso. Rasa cafe au lait ini juga cenderung creamy karena perbandingan kopi dan susunya 1:1. Untuk Dark Choco Rum-nya standar aja sih menurut saya hehe. Green tea latte nya enaaakk, manisnya pas. Kalo ice hazelnut-nya juga enak, tapi karena saya kurang suka minuman dingin jadi yaa kurang sreg aja sih minumnya hihi. Hot Cappuccino-nya enak. Dan buat saya, juaranya sih Cafe Mocha. Kopinya, susunya, coklatnya pas! Gak perlu ditambah gula udah enak kok, gak pahit dan gak manis banget juga.
Anomali juga ada websitenya kok, silahkan cek http://www.anomalicoffee.com/
Hot Cafe Au lait & Ice Dark Choco Rum
Ice Hazelnut & Hot Cafe Mocha
Tumbler-nya

DJOURNAL COFFEE  
Djournal Coffee yang merupakan bagian dari Ismaya Group ini punya 3 cabang yaitu
Grand Indonesia Mall (Ground Foor, West Mall)
Cilandak Town Square (Main Lobby, Ground Floor)
Summarecon Mall Serpong (Lobby Utama SMS Phase 2, Ground Floor)
Menyajikan berbagai jenis kopi dengan beberapa metode penyeduhan ada espresso, pour over, syphon dan cold drip.
Interior-nya dibuat se-homey mungkin dengan suasana yang down-to-earth, mengingatkan bahwa kopi berasal dari bumi yang akan selalu membumi dan rendah hati. 
Djournal GI lumayan besar, mereka punya 3 area tempat duduk. Non smoking ada di bagian mall dan tengah cafe, sedangkan smoking area ada di luar. Baristanya ramah dan tanggap kok, jadi kalo kamu nanya atau minta apa dilayani dengan cepat.
Beberapa kali kesini dari rame-rame, berdua maupun sendirian favourite saya adalah hot coffee hehe. Sejauh ini pesanan saya kalo gak Cappuccino ya Coffee Latte, mentok-mentok sih Mocha.
Buat yang gak suka kopi, kamu tetep bisa menikmati minuman disini. Kalo suka manis cobain deh Nutella Blast, selain itu ada Red Velvet Latte, Double Chocolate Mocha atau si klasik Hot Chocolate. Untuk menu dan range harga kamu bisa cek di Djournal Coffee

Hot Cappuccino
Hot Chocolate

Double Chocolate Mocha

Mojok sendirian :D
Cantik banget angsanya
 

Dari beberapa kedai kopi, Djournal Coffee adalah favourite saya. 
Remember, you can't buy happiness but you can buy coffee and that's pretty close :D

Salam

1 comment:

  1. wow artikelnya sangat menarik, jangan lupa kunjungi juga https://makanyok.com/2019/11/21/kopi-arabika-toraja/

    ReplyDelete