Tuesday, August 11, 2015

Trip to Singapore & Malaysia (Part 2)

Ini adalah blog lanjutan dari Trip to Singapore & Malaysia (Part 1). Kalau di Singapore kami banyak keliling destinasi wisata, nah selama di KL kami lebih banyak keliling mall hehehe. Dan ini adalah secuil info perjalanan kami di KL & Sepang selama 3 hari 2 malam.

Destinasi
Sebenernya tujuan utama saya kesini adalah nemenin temen yang penasaran pengen nonton Moto GP Malaysia. Jadilah kami hanya mengeksplor beberapa tempat, yaitu daerah Bukit Bintang, Sirkuit Sepang, Twin Tower, Batu Caves dan mall-mall di KL (Pavilion Kuala Lumpur, Lot 10, Fahrenheit 88, etc).

Hotel
Kalo di Singapore kami cuma kuat bayar hostel, nah di Malaysia kami mampu pesan hotel (walaupun bukan yang bintang 4 atau 5 juga sih, hehe). Kami menginap di V'la Heritage Hotel daerah Bukit Bintang. Ada beberapa alasan kenapa kami memilih hotel di daerah ini, yaitu daerah ini merupakan pusat hiburan di KL (ada 8 mall yang berdekatan di Bukit Bintang dan pusatnya nightlife, ehem), dekat dengan lokasi kami turun Bus, dekat dengan Jl. Alor (street food yang terkenal di KL) dan akses yang dekat dengan monorail.

Transportasi
Untuk urusan angkutan umum, di Malaysia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Singapore. Hanya saja kondisi jalan rayanya lebih berantakan dan pedestrian-nya suka nyebrang sembarangan (mirip-miriplah sama di Jakarta).
Ada beberapa jenis transportasi umum di KL, yaitu roda dan rel. Nah untuk yang roda, ada taksi dan bus. Untuk rel ada KL Monorail, LRT, KTM Komuter dan KLIA Ekspress / KLIA Transit. Untuk lebih lengkap bisa baca di blog mas ini, lengkap dan jelas banget Memahami Sistem Transportasi Publik di Kuala Lumpur, Malaysia .
Klang Valley Integrated Map
Itinerary
Jadi kami naik bus dari Singapore turun di Berjaya Times Square, perkiraan dari google maps cukup jalan kaki 1 km untuk sampai ke hotel. Ternyata eh ternyata udah setengah jam jalan kaki plus nanya sana sini gak nemu-nemu juga. Daerah Bukit Bintang yang kami lewatin juga umm ya masih banyak PSK yang mangkal gitu, karena ngeri kenapa-kenapa akhirnya kami memutuskan naik taksi. Dan ternyata memang lokasi hotel ini gak jauh dari Berjaya Times Square, mungkin efek dini hari dan jalan yang banyak gangnya jadi bikin bingung.
Karena kami sampai di hotel lebih awal dari jam check in yang sudah di booking, resepsionis menawarkan early check in gitu. Jadi bayar setengah harga kamar karena hitungannya kami menginap setengah hari.

Hari 4
Tujuan: Bukit Bintang, Circuit Sepang
[ 04.00 ] - Sampai di Berjaya Times Square
[ 05.00 ] - Tiba di Hotel, daerah Bukit Bintang
[ 11.00 ] - Makan di Sungai Wang Plaza, menuju ke Sepang Circuit
[ 16.00 ] - Kembali ke KL Sentral dan menuju monorail Bukit Bintang
[ 21.00 ] - Beli makan (kami beli makan di Sungai Wang Plaza)
[ 22.00 ] - Sampai di hotel

Catatan :
  • Dari hotel jalan kaki menuju monorail Bukit Bintang sampai ke monorail KL Sentral, jalan melewati Nu Sentral Mall untuk ke KL Sentral.
  • Untuk ke Sepang Circuit, di KL Sentral cari panitia Moto GP yang menawarkan Bus tujuan KLCC/KL Sentral - Sepang Circuit.
  • Karena KL tidak jauh beda dengan Jakarta, jadi kalau bisa tas kamu dihadapkan ke depan ya.

Hari 5
Tujuan: Batu Caves, Twin Tower, Suria KLCC
[ 08.00 ] - Sarapan
[ 09.00 ] - Menuju Batu Caves
[ 13.00 ] - Menuju KLCC ke Twin Tower & Suria KLCC
[ 15.00 ] - Kembali ke hotel Keliling mall di sekitaran Bukit Bintang
[ 21.00 ] - Makan malam di Jl. Alor
[ 22.00 ] - Kembali ke hotel

• Dari KL Sentral naik KTM Commuter ke Batu Caves
  • Sekedar info, di Batu Caves ini banyak monyet berkeliaran. Walaupun jinak saya tetep aja takut hehe
  • Menuju dan dari KLCC bisa naik GOKL, yaitu city bus gratis. Info detailnya bisa kamu cek di GOKL

Hari 6
Tujuan: KLIA2
[ 08.00 ] – Sarapan
[ 09.00 ] – Check out dan menuju KLIA2

Catatan :
  • Ada beberapa moda transportasi yang dapat dipilih untuk menuju KLIA, yaitu Airport Coach KLIA (tarif 10 RM dengan waktu tempuh 60 menit), Kereta KLIA Express (tarif 35 RM dengan waktu tempuh 33 menit) atau KLIA Transit (berhenti di 3 stasiun) dan Minibus dengan kapasitas sekitar 7 orang (tarif 120 - 140 RM). Ketiga moda transportasi ini melayani tujuan KLIA - KL Sentral maupun sebaliknya.

Budget
Untuk biaya transport saya agak melebihkan biaya karena tidak tau pasti total biayanya berapa. Untuk gambaran, biaya hidup di KL kurang lebih sama dengan di Jakarta.

Ini foto-foto kami selama di Malaysia ;)

Coin monorail & LRT
Monorail platform
KL Sentral (maaf fotonya agak blur)
Bus ticket Sepang Circuit
Inside the bus
The bus
Moto GP Sepang ticket class Hillstand (murah meriah hehe)
Sepang International Circuit
View from C2 Hillstand
Sisa sampah abis nonton :(
Our dinner (take away Subway & Peri chicken - nya Nando's)
Leha-leha di hotel
Breakfast
LRT platform
LRT ticket to Batu Caves
Hanoman bukan ya? hehe
View luar Batu Caves
272 anak tangga, fiuh
View di dalam Batu Caves
View luar dari atas tangga
Salah satu kuil di dalam Batu Caves
Roti Prata isi pisang & teh tarik
Twin Tower
Japan's corner at Pavilion mall
Alor Street
Bubur di Jl. Alor
Tom yum seafood
KLIA ekspres ticket

Eugene Fodor said "You don't have to be rich to travel well", so plan a trip with your bestfriends, set aside your money, buy a ticket and let's get some journey.
Semoga informasi ini berguna buat kamu ya ;)