Thursday, March 16, 2017

Hong Kong - day 5 (Sky Terrace 428, Central Mid Level Escalators & Ladies Market)

Di hari ke 5 ini, kami mau jalan-jalan di sekitaran Hong Kong Island. Naik Jordan MTR menuju ke Causeway Bay MTR (hkd 13.5). Jalan kaki trus gak sengaja sampai di Times Square Hong Kong, gak jauh dari situ ada halte pemberhentian Tram. Tanpa tau arah dan tujuan, kami asal naik aja (namanya juga turis, gak nyasar gak seru dong ya haha).

Untuk naik Tram, kamu harus masuk dari pintu belakang nah kalo mau turun baru dari pintu depan sekalian bayar ongkos yaitu hkd 2.3 untuk sekali jalan. Kami langsung menuju lantai atas, soalnya kalo di bawah kan sama aja kayak naik kopaja di Jakarta hihi.

Karena gak tau arah, akhirnya kami balik ke tempat asal dengan menaiki Tram arah sebaliknya. Kemudian naik MTR lagi menuju ke Central MTR Station Exit K untuk janjian sama guide dari Klook ke Peak Tram.
Tempat meeting pointnya ini terletak diantara Prince's Building dan Statue Square. Nah karena kami kesini hari minggu, pasa banget sama hari liburnya tenaga kerja asing termasuk TKI. Mereka ngumpul gelaran aja gitu di pinggir jalan, rame banget kayak tempat pengungsian gitu jadinya.

kumpulan tenaga kerja asing
di statue square

Balik lagi ke Peak Tram, saya mau cerita kenapa beli tiket di Klook. Ada beberapa alasan yaitu harganya lebih murah dari tiket di counter dan saya teriming-iming dengan tambahan fasilitas fast track, yang berdasarkan pengalaman saya ini sangat sangat sangaaattt berguna karena ternyata antrian Peak Tram di hari minggu luar biasaaaaa panjang. Oiya, saya beli tiketnya sudah return ticket peak tram dan tiket masuk ke Sky Terrace.

Sesuai dengan instruksi dari Klook, kami janjian dengan guide dan orang-orang lain yang juga beli tiket di Klook. Dari Central MTR kami jalan kaki sekitar 10 menit menuju Peak Tram Lower Terminus. Setelah antri gak terlalu lama (karena pake fast track), akhirnya kami kebagian untuk naik Peak Tram.

antriannya
di dalam peak tram

Sampai di pemberhentian atas, kami digiring masuk ke The Peak Tower menuju lantai paling atas, yaitu ke Sky Terrace 428. Disini kamu bisa melihat pemandangan Hong Kong 360 derajat. Bagus banget.

Puas berpanas-panas dan foto-foto di Sky Terrace, kami turun untuk melanjutkan ke destinasi lainnya, yaitu Central Mid Level Escalators. Sebenernya sih ini cuma eskalator biasa aja, tapi yang bikin agak spesial karena eskalator ini panjangggg dan menghubungkan beberapa lokasi.

Jalan kaki agak muter-muter dan akhirnya ketemu juga lokasi eskalator ini. Di sepanjang eskalator ini isinya flat, toko2, jalan kecil dan tiba2 nyempillah sebuah masjid namanya Jamia Mosque. Kami singgah sebentar disini untuk shalat dan lihat-lihat.
Jamia Mosque ini juga salah satu tempat wisata, karena saat saya kesana sempat melihat beberapa turis datang ke masjid untuk melihat-lihat dan diberikan penjelasan oleh si pengurus masjid yang juga rumahnya berada di halaman masjid tersebut.

Setelah puas naik eskalator dan gak tau ini ujungnya dimana, akhirnya kami memutuskan untuk kembali dan ternyata arah turun itu gak ada eskalatornya alias tangga biasa (elus2 betis).

Kembali ke Central MTR kami menuju ke Sheung Wan MTR (hkd 4.5) untuk makan siang di Viet Thai yang berada dekat pintu exit C.

Selesai makan dan istirahat, kaki juga berasa enakan untuk jalan kami memutuskan untuk ke Ladies Market di daerah Mongkok. Belanja oleh-oleh dan cuci mata sampai kantong dan kaki lelah hehe.

pengamen di Ladies Market

Pengeluaran (1 hkd = rp 1717)
  • MTR Causeway Bay, Central, Sheung Wan, Mongkok & Jordan : hkd 40.5
  • Tram : hkd 2.3 x 2 kali naik = hkd 4.6
  •  Makan siang : hkd 39
  • Peak Tram via Klook : rp 165.000
Total = (hkd 84.1 x rp 1717) + rp 165.000 = rp 309.399

Next : Hong Kong - day 6 (Hong Kong Airport)